-->

Iklan

Di Sini Perbedaan Konstruksi Ban Radial dan Ban Bias, Lihat Lapisan Nilonnya

Editor
Kamis, 21 September 2017, September 21, 2017 WIB Last Updated 2017-09-27T14:04:57Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


Jakarta - Selain dua tipe ban yaitu tube type dan tubeless ternyata ada spesifikasi ban lainnya. Yaitu radial dan bias, sudah tahu apa bedanya?

Radial dan bias ini tentang bagaimana konstruksi ban tersebut dibuat, meski secara fisik ban bias atau radial tidak bisa dibedakan.

Untuk ban radial akan ditandakan dengan kode �R�, misalkan 120/70-R17 yang menandakan ban tersebut tipe radial atau langsung tertera tulisan radial.

Ayo lihat bedanya!



Bicara soal konstruksi untuk ban bias lapisan nilon disusun secara menyilang

�Sudutnya berkisar 45-60 derajat sedangkan radial 90 derajat,� ujar Dodiyanto selaku Marketing Product Manager Development PT Gajah Tunggal Tbk, produsen ban IRC.

Ban radial adalah pengembangan teknologi dari ban bias. Ban radial memiliki ply cord bersudut kurang lebih 90 derajat terhadap garis tengah ban.

Tapi memiliki lapisan steel belt atau sabuk baja di atasnya. Steel belt ini membuat konstruksi ban lebih rigid dan kekar



Karena lebih rigid dan kekar, daya cengkramnya ke aspal pun lebih sempurna. Terlebih dalam kondisi menikung, feeling handling-nya jadi lebih mantap karena daya cengkram yang lebih baik.

Menurut pria yang gemar memakai kacamata hitam ini salah satu kelebihan ban radial adalah ringan.

"Dengan begitu membuat handling atau manuver lebih mudah," yakin Dodi yang perusahaanya telah menelurkan ban IRC RMC 810 line up radialnya

"Khusus untuk motor berkapasitas mesin besar, pemakaian secara terus menerus tetap akan membuat ban stabil karena rigid," jelasnya.



Komentar

Tampilkan

Terkini