Tuesday, November 8, 2011

Baut knalpot Patah Di Dalam

    Setelah beberapa hari yang lalu baca postingan di salah satu group FB Kumpulan Tips PIES by boznya si Tomat. mengenai kejadian di mana ada baut knalpot yang patah  di dalam mesin, kemarin aku mengalami sendiri. 7 Nov 2011 Pagi pagi seperti biasa sebelum berangkat menunggangi si black pies manasin motor sambil ngopi dan lain lain. 
     Setelah persiapan semua selesai barulah berangkat kali ini ke rumah teman karna ada kepentingan. Sampai di tengah jalan mulai merasakan keganjilan pada suara motor. Tapi belum berfikir kalau baut kendor atau bahkan patah, karna ciri ciri seperti ini belum pernah mengalmi sebelumnya. Dan ketika udah pulang dan hampir sampai di rumah suara aneh dari mesin jelas banget kerasa. Dari situ baru di lihat ternyata baut knlpot yang di mesin patah satu di sebelah kiri. 
    Karna emang udah ada jadwal servis, makanya langsung aja berangkat ke beres, sekalian ganti lampu depan yang pecah gara gara jatoh pas mudik dulu. Penanganan pertama dari beres katanya harus di bor baut patahanya dan di bubut buat bikin drat baru lagi kemudian di tanam baut yang baru. Ngikut aja yang penting bisa normal dan pulih lagi. Setelah selesai semua tiba saatnya di chek dan di coba, tapi suara mesin tidak sehalus kemaren, mesin menjadi kasar dan berespun ga tau kenapa suara itu bisa ga halus lagi, katanya udah normal ga pa pa, padahal jelas banget kasarnya. Ya udah, besok besok coba aku bawa ke beres yang satu, siapa tau di sana lebih tau cara penangananya. 

    Penderitaan tidak selesai di situ, malam hari setelah siangnya kejadian patah baut aku coba benerin posisi knalpot coz  ada yang nempel ke body. pas lagi ngencengin baut yang satunya tiba tiba KLEK, dan bisa di pastikan siangnya patah sebelah kiri dan malemnya  patah yang di sebelah kanan. 
Memang Tuhan maha adil, yang kiri patah masa yang kanan engga.!!!

Lanjut cerita semakin mengenaskan-------!!!!!!!
Setelah tarik napas yang panjang akhirnya mau ga mau harus menerima kenyataan ini, dan pagi ini harus ke beres lagi buat ngasih tau bahwa baut yang satu juga nyusul patah.
Kata mekaniknya, "emang banyak juga pak yang mengalami kejadian seperti ini, bukan hanya bapak saja". emang iya, dalam hati 'produk yang kurang membuat tersenyum'.
   Kemudian setelah di lihat oleh mekaniknya, dia menyarankan seperti kemaren, di bor dan di bubut lagi buat drat baru. Karena sudah pernah baca beberapa postingan mengenai hal ini, aku pikir emang harus begitu penanganannya, jadi ya ngikut aja,, yang penting bisa dan pulih lagi.
Karena penanganan agak lama, maka aku tinggalin aja dulu di beres. Setelah beberapa saat mekaniknya nelpon katanya udah nyari beberapa tempat bubut tidak sanggup mengerjakan kalau blok mesin tidak di buka. Mendengar cerita temen temen yang pernah di angkat blok nya dan hasil ahir tidak seperti awal lagi emang membuat agak berfikir lama untuk mengiyakan. Tapi kalau memang tidak ada cara lain, bagaimana lagi? dan mudah mudahan saja tidak ada hal hal yang mengerikan setelah itu.

 Beberapa saat kemudian aku datang lagi ke beres, ternyata blog udah di angkat dan sedang di bersihkan oleh mekaniknya.

Sekarang masih nunggu hasil dengan perasaan yang GALAU,, jiahh...........

4 comments:

Puja Wirawan said...

saya mengalami masalah yang sama gan...
gimana cara penanganan awalnya nie??? biar kembali sperti semula??? baut knalpot jupie saya patah....

Edys Blogg said...

kayanya sama aja penanganan awalnya, harus di bubut buat ngeluarin patahanya, plus bikin drat yang baru lagi di dalemnya, untuk cara tergantung tempat mnasing masing, kalau sudah ahli ga harus buka blok motor, tapi punya ane kemaren di buka blok nya, tapi kembali normal lagi sekarang,.

Gondho Edys Blog said...

setelah itu baut aman sampai sekarang (red : 14-12-2013)

Deden Rahmat said...

ane sih kalau patah dibor yg biasanya baud 12 dinaikin 14 kalau patah lg selagi masih bisa di naekin ukuran baudnya ga dibawa ke bengkel

Post a Comment